VISI, MISI, TUJUAN dan TARGET
SMP NU PAKIS

Departemen Pendidikan Nasional telah melahirkan visi pembangunan, yaitu Insan Indonesia Cerdas dan Kompetetif 2025. Sedangkan rumusan visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Sedangkan misi pendidikan nasional antara lain: (1) meningkatkan mutu pendidikan sehingga memiliki daya saing di tingkat nasional, regional, dan internasional; (2) meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan global; (3) membantu dan menfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; dan (4) meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar yang bersifat nasional dan global.

Sehubungan dangan visi dan misi pendidikan nasional tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menetapkan tiga rencana strategis dalam jangka menengah, yaitu: (1) peningkatan akses dan pemerataan dalam rangka penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, (2) peningkatan mutu, efisiensi, relevansi, dan peningkatan daya saing, dan (3) peningkatan manajemen, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

Demikian juga SMP NU Pakis Kabupaten Malang sebagai satuan pendidikan yang bernaung di bawah pembinaan Departemen Pendidikan Nasional dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang akan selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini sesuai output yang diharapkan, yaitu menghasilkan insan muslim yang cerdas, kompetitif yang memiliki bekal dasar yang kuat sehingga mampu bersaing dan bermitra dalam kehidupan masyarakat. Insan muslim cerdas kompetitif yang dimaksud adalah peserta didik yang memiliki kecerdasan secara komprehensif yaitu cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik sebagai modal dasar dalam berkompetisi pada era globalisasi, oleh sebab itu SMP NU merasa perlu untuk secara komprehensif memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk siswa-siswinya sebagai amanah yang dipercayakan oleh orang tua siswa dan masyarakat.

Terwujudnya insan berkarakter Religius, Nasionalis dan Berbudaya

INDIKATOR VISI:

  1. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran intrakurikuler, dan kokurikuler bidang keislaman peserta didik.
  2. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran internalisasi nilai-nilai keislaman melalui program pembiasaan praktik ibadah peserta didik.
  3. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran internalisasi nilai-nilai keindonesiaan melalui program pembiasaan.
  4. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan melalui program sekolah bersih.
  5. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran intrakurikuler, dan kokurikuler bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pengembangan metode pembelajaran yang relevan dan efektif.
  6. Terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat peserta didik.

Berdasarkan visi tersebut, dirumuskan misi SMP NU Pakis sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler, dan kokurikuler bidang keislaman peserta didik.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai keislaman melalui program pembiasaan praktik ibadah peserta didik.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai keindonesiaan melalui program pembiasaan.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan melalui program sekolah bersih.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler, dan kokurikuler bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pengembangan metode pembelajaran yang relevan dan efektif.
  6. Menyelenggarakan pembelajaran ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat peserta didik.
  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan spiritual, istiqomah dalam beribadah dan istiqomah dalam mempertahankan nilai-nilai budaya An-Nahdliyah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter nasionalis yang menjunjung tinggi budaya bangsa dan menghargai perbedaan.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki gagasan, kesadaran dan cinta terhadap lingkungan.
  5. Menghasilkan lulusan yang cinta ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan sosial.
  6. Menghasilkan lulusan yang terampil, kreatifit, dan berprestasi dibidangnya.

A. Penanaman karater keislaman dalam upaya membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT:
a. Dalam berprilaku dan bertuturkata
1. Peserta didik memahami etika dan syari’at menyampaikan salam dan melaksanakannya setiap bertemu, berpamitan kepada Guru dan teman serta saat masuk dan keluar ruang
2. Peserta didik memahami etika dan syari’at bersalaman dan melaksanakannya setiap bertemu guru, orangtua, dan sahabat.
3. Peserta didik memahami etika dan syari’at ijin masuk dan keluar ruang dan melaksanakannya setiap masuk atau keluar ruang.
4. Peserta didik memahami dan melaksanakan tata cara mengetuk pintu saat akan masuk ruang dengan baik dan benar
5. Peserta didik memahami dan melaksanakan tata cara berjalan yang benar dihadapan guru, orangtua, dan sahabat dengan pemahaman teori dan praktikum
6. Peserta didik memahami dan melaksanakan tata cara bersikap yang benar kepada guru, orangtua, dan sahabat.
7. Peserta didik memahami dan melaksanakan tata cara bertutur kata yang baik dan benar kepada guru, orangtua, dan sahabat.
b. Dalam bersuci
1. Peserta didik memahami jenis-jenis najis beserta hukumnya serta cara mensucikannya dengan pemahaman teori dan praktikum berdasarkan madzhab imam syafi’i
2. Peserta didik memahami jenis-jenis air beserta hukum dan kegunaannya berdasarkan madzhab imam syafi’i
3. Peserta didik memahami tata cara berwudlu yang baik dan benar beserta sunnah-sunnahnya dengan pemahaman teori dan praktikum berdasarkan madzhab imam syafi’i
4. Pesrta didik memahami tata cara menghilangkan hadas besar yang baik dan benar beserta sunnah-sunnahnya dengan pemahaman teori dan praktikum berdasarkan madzhab imam syafi’i
5. Peserta didik memahami hal-hal yang membatalkan wudlu berdasarkan madzhab imam syafi’i
c. Dalam Beribadah Mahdloh
1. Peserta didik memahami dan hafal rukun sholat dengan benar berdasarkan madzhab imam syafi’i
2. Peserta didik memahami tata cara sholat yang baik dan benar beserta sunnah-sunnahnya dengan pemahaman teori dan praktikum berdasarkan madzhab imam syafi’i
3. Peserta didik hafal bacaan-bacaan wajib dan sunnah dalam sholat dengan pemahaman teori dan praktikum berdasarkan madzhab imam syafi’i
4. Peserta didik hafal do’a Qunut
5. Peserta didik hafal wirid setelah sholat fardlu berdasarkan budaya annahdliyah dengan baik dan benar
d. Dalam membaca Al-Qur’an
1. Peserta didik mampu membaca al-qur’an dengan baik dan benar dengan pemahaman tajwid dan fashohah
2. Peserta didik hafal 20 surat – surat pendek dengan baik dan benar dengan pemahaman tajwid dan fashohah
B. Penanaman karater keislaman dalam upaya membentuk peserta didik yang istiqomah dalam melaksanakan ibadah:
a. Istiqomah berdo’a
1. Peserta didik memiliki kegiatan rutinitas berdo’a di pagi hari (setelah yasinan/istigotsah/waqiahan/tahlilan/rotiban dan setelah sholat duha)
2. Peserta didik memiliki kegiatan rutinitas berdo’a sebelum dan sesudah memulai PBM
3. Peserta didik memiliki kebiasaan berdo’a dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari
4. Peserta didik hafal do’a – do’a pendek yang digunakan dalam beraktifitas sehari-hari dan do’a tahlil, yasin, dan do’a setelah sholat fardlu
b. Istiqomah bersuci
1. Peserta didik memiliki kebiasaan menjaga wudlu dan menyegerakan berwudlu saat batal dari wudlu
2. Peserta didik menyukai lingkungan suci dan senantiasa menjaga kesucian lingkungan
c. Istiqomah Membaca Al-Qur’an
1. Peserta didik memiliki kegiatan rutinitas belajar dan membaca al-qur’an di pagi hari
2. Peserta didik memiliki kegiatan rutinitas menghafal al-qur’an di pagi hari
3. Peserta didik memiliki rutinitas membaca qur’an surat-surat pendek sebelum pulang sekolah
d. Istiqomah Ibadah Mahdloh
1. Peserta didik memiliki rutinitas sholat dhuha berjama’ah
2. Peserta didik memiliki rutinitas sholat dhuhur berjama’ah
C. Penanaman karakter keislaman yang berhaluan Ahlussunnah wal jamaah An-Nahdliyah
1. Peserta didik bangga menjadi warga NU dengan melaksanakan ubudiyah an-nahdliyah (rotiban, yasinan, waqiahan, istighotsah, tahlilan, sholawatan, ziarah qubur, wiridan)
2. Peserta didik bangga menjadi warga NU dengan menghafal sholawat an-nahdliyah, sholawat badar.
3. Peserta didik bangga menjadi warga NU dengan mengetahui dan memahami sejarah Nahdlatul Ulama dan sejarah peran serta NU dalam perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI
4. Peserta didik bangga menjadi warga NU dengan mengetahui, memahami, meneladani dan ta’dzim kepada tokoh, uluma, muassis Nahdlatul Ulama’
5. Peserta didik bangga menjadi warga NU dengan senantiasa berpartisipasi dalam perayaan hari besar Nahdlatul Ulama’

D. Penanaman karakter kebudayaan dalam upaya membentuk karakter peserta didik yang cinta tanah air
a. Karakter budaya Nasionalisme
1. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional serta memahami maksud dari upacara bendera tersebut
2. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan menghafal dan memahami lagu Indonesia Raya, Pancasila dan Pembukaan UUD 45 dan Mars Syubbanul Wathon
3. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan mengetahui, memahami dan mencintai berbagai suku, bahasa dan budaya yang ada di Indonesia
4. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan menjunjung tinggi budaya bangsa
5. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan mengetahui dan memahami sejarah kemerdekaan Indonesia
6. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan mengetahui dan memahami tokoh Pahlawan Nasional Indonesia
7. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan mengetahui dan memahami jumlah dan nama pulau dan propinsi wilayah Indonesia
8. Peserta didik bangga berbangsa dan bernegara Indonesia dengan mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
b. Karakter budaya daerah
1. Peserta didik senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat budaya daerah setempat
2. Peserta didik bangga dengan bahasa daerah setempat dan mampu mengucapkannya dengan baik dan benar
3. Peserta didik mampu menulis dan membaca abjad aksara jawa
4. Peserta didik berkarakter budi pekerti budaya setempat
c. Karakter budaya patriotisme
1. Peserta didik dengan suka rela mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan peringatan hari besar kebangsaan lainnya dengan tertib dan khidmat
2. Peserta didik memahami nilai-nilai luhur pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Peserta didik dengan suka rela berperan aktif dalam kegiatan peringatan hari besar kebangsaan
4. Peserta didik dengan suka rela senantiasa mematuhi tata tertib sekolah
5. Peserta didik senantiasa memiliki semangat belajar tinggi
6. Peserta memiliki jiwa kompetisi yang tinggi untuk berprestasi
d. Karakter budaya pluralisme (menghargai perbedaan)
1. Peserta didik senantiasa menjunjung tinggi kebersamaan dan gotong royong
2. Peserta didik memiliki kerendahan hati dengan tidak memaksakan kehendak
3. Peserta didik senantiasa menghargai pendapat orang lain.
4. Peserta didik memiliki kepribadian sebagai muslim yang ramah
5. Peserta didik senantiasa menghargai dan menghormati hak dan kewajiban orang lain.
6. Peserta didik senantiasa menghargai dan menghormati perbedaan adat istiadat.
E. Penanaman karakter cinta lingkungan dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki gagasan, kesadaran dan cinta terhadap lingkungan
1. Peserta didik senantiasa membuang sampah di tempat sampah
2. Peserta didik senantiasa berhemat dalam menggunakan listrik dan air
3. Peserta didik senantiasa merawat tanaman, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan
4. Peserta didik senantiasa memanfaatkan barang-barang yang masih bisa digunakan
5. Peserta didik memiliki kemampuan mendaur ulang
6. Peserta didik gemar menggunakan barang – barang yang ramah lingkungan
7. Peserta didik gemar menanam pohon dan berkebun
F. Penanaman karakter cinta ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki prestasi akademik;
1. Peserta didik senang membaca dan menulis
2. Peserta didik memiliki cara berfikir kritis
3. Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan berusaha untuk mendapatkan pengetahuan tersebut
4. Peserta didik senang bertanya atas apa yang belum difahaminya
5. Peserta didik senantiasa mengikuti perkembangan teknologi
6. Peserta didik mampu mengoperasikan teknologi terkini dengan baik dan benar
7. Peserta didik mampu memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar
8. Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap perkembangan teknologi
9. Peserta didik memiliki jiwa kompetitif yang tinggi
10. Peserta didik memiliki keyakinan dan rasa percaya diri
11. Peserta didik senantiasa berusaha untuk menjadi lebih baik dengan semangat berlatih
12. Peserta didik senantiasa bersyukur atas apa yang telah diperoleh
G. Menghasilkan lulusan yang memiliki bakat dan minat dan berprestasi dibidangnya.
1. Peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat yang dimilikinya
2. Peserta didik memiliki kemauan yang kuat untuk berlatih
3. Peserta didik memiliki jiwa kompetisi yang tinggi untuk berprestasi
4. Peserta didik memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk berprestasi